Monday, April 23, 2012

Google Alerts

Kali ini saya mau berbagi sebuah fitur google yang menurut saya fitur ini keren banget. Because what? (saya akan jelaskan dengan contoh) Misalkan saya ingin mencari suatu barang. Barangnya harganya mahal, sehingga alternatifnya saya mencari barang second hand. Akan tetapi kan barang second hand ga selalu ada, jadi saya mengincar barang tersebut di google. Solusinya adalah gunakan fitur google alerts. Dengan fitur ini setiap keyword yang kita setting, ketika keyword tersebut tertangkap oleh google, maka google akan mengirimkan link keyword tersebut ke email kita. Caranya mudah, tinggal buka http://alerts.google.com, lalu tinggal masukkan keyword yang kita inginkan.

Ini adalah contoh alert yang saya buat:

Google Alerts
Disini saya mencari gps garmin 60 csx dan etrex 30 dari domain kaskus.us, dan juga mencari info tentang pendakian semeru.



Ketika beberapa keywords ini tertangkap oleh google, maka saya akan dikirimi email tentang tangkapan google tersebut.

Ini adalah contoh email yang dikirimkan google:
Email dari Google Alerts
Hasil tangkapan Google Alerts
Disni tampak google menemukan new page di kaskus yang berisi garmin 60 csx pada pukul 4:00 am.
Dengan begitu, kita tidak akan ketinggalan info, atau kalah cepat dalam membeli barang yang kita inginkan. tidak harus barang, bisa juga info seperti pendakian semeru yang saya ingin dapatkan info secepatnya.

Yah, sekiranya itu yang bisa saya bagi ke teman-teman. Semoga bermanfaat...

No comments:

Post a Comment