Friday, January 14, 2011

[Catper] Go to Arjuno 3339 mdpl 24-27 des 2010

Libur telah tiba saatnya untuk menikmati keindahan alam. Rencana libur kali ini mau pendakian ke Arjuno. Gunung yang selalu menghiasi perjalananku ke sekolah di setiap pagi yang cerah. yang terlihat berdiri dengan gagahnya dibelakang masjid tercinta Masjid Agung Surabaya.
Akan tetapi anak2 PA alhikmah tidak bisa diandalkan. cuma bisa ngomong. Akirnya ya udah deh mending cari temen lain buat mendaki, seperti biasa ku buka halaman favoritku KASKUS OANC. Liat liat cari informasi ada yang mau ngesot ke arjuno ga. Eh akhirnya ketemu juga, bareng om kareesnikoray dari majapala (smansagres) dan adik2 kelasnya. Langsung aja kita janjian di rumah om kares hari jumat 24 des 10. Habis jumatan di masjid belakang rumah kares, dia belom packing. Ia udah deh kita tunggu dulu karees packing barang. Eeeh… ternyata temennya kares nelpon dia, dia bilang kalo anak2 majapala udah pada berangkat. Jiaaah kita ditinggal!!! Untungnya kebetulan ada temennya kares yang mau berangkat sore. Pandu n Ndok, oke deh kita bareng mereka. Tapi ya gitu kita harus nunggu sampe sore.

Habis maghrib 24 des 10…
Habis makan2 dirumah kares kita langsung berangkat. Dari gresik-terminal osowilangon-terminal bungurasih-bis tujuan malang turun di terminal pandaan. Habis itu kita naik semacam elf gitu sampe ke pos perijinan. Di pos perjinan kita bersantai2 ria dulu. Ngopi2 dulu lah. Waktu sudah menunjukkan pukul 00.00. jam 00.30 kita mulai pendakian. Baru jalan beberapa menit Asad sudah drop, maklum lah ini adalah pendakian pertama baginya. Kita istirahat dulu di POS I (pet bocor) sebentar (sori ga ada gambarnya, males moto, malem2). Sambil Ndok dan pandu mempacking ulang carriernya Asad. Perjalanan dilanjutkan, sekitar 1 jam kemudian gantian aku yang drop. Akhirnya aku minta tukar tas sama pandu / ndok (lupa??) kalo boleh share tasku bobotnya 18 Kg.an hamper setengah berat badanku yang hanya 40 Kg. Haha. Selangkah demi salangkah kaki ini pun terus bergerak. Meskipun ditengah malam yang dingin, semangat pun tidak turut membeku. Ku terus berjalan tuk menggapai puncak arjuno.

03.30 25 des 10…
Akhirnya sampai juga di POS II (kokopan).

Kami pun bertemu anak2 majapala yang telah duluan berangkat. Lalu kami ISHOMA tuk persiapan perjalanan selanjutnya. Jam 08.00 pendakian dilanjutkan. Medan tracknya pun tetap sama dan membosankan. Batu2 yang membuat kaki terasa pegal.

Terlihat tampang2 madesu... ckckck kacian. sabar ya... Bentar lagi sampai kok nak

Puluhan kali kami istirahat untuk mencapai POS III. Meskipun lelah, semangat ini tetap membara tuk mencapai puncak. Jam 14.30 sampai juga di pos III (pondokan) kami istirahat sebentar.

<< Pondokan >>

Masak mie, lalu melanjutkan perjalanan ke Lembah Kijang. Rencana kami akan ngecamp di lembah kidang. Perjalanan ke lembah kijang idak terlalu jauh. Akan tetapi hujan rintik2 pun sudah muali turun. Pukul 16.30 pun kami sampai di lembah kidang.
Kami mendirikan tenda dan beristrahat disini. Untuk persiapan selanjutnya menuju puncak.

26 des 10…
Bangun kesiangaaan… rencananya jam 4-5 an kita udah harus berangkat summit attack. Tapi bangun aja baru pada jam 5., belum makan, segala macem. Ia udah dah terpaksa kita berangkat jam 8. Carrier tenda ditinggal di lembah kijang yang dijaga sama mas pandu, salim, n ompong.

Medan kali ini beda, aku lebih suka, ada savannanya lagi. Pemandangannya pun juga bagus. Akan tetapi sayangnya kabut tebal menghalangi pemandangan indah itu.

Meskipun tidak bawa carrier perjalanan ini juga melelahkan. Dingin yang tak tertahankan menyelimuti kami ditengah tengah kabut yang tebal. Kami harus menunggu salah satu teman perempuan kami uang drop. Jadi perjalanan sedikit terhambat. Sangat lama waktu yang kami peroleh tuk mencapai tugu. Jam 12 siang kami baru mencapai tugu.

<< Di Tugu

Foto2 dulu di in memoriam, dan lagi2 kita menunggu teman kita di puncak bayangan.

<< In Memoriam

<< Puncak Semu/ bayangan >>

Jam 12.30. pas temen kita yang satu ini udah nyampe, langsung dah cabut ke puncak arjuno. Dan akhirnya kita mendapatkan puncak arjuno. Langsung telpon umi tercinta dah.

Tapi… Sayang sekali kabut tebal menyelimuti pemandangan indah ini. Jadi kami hanya bisa berpose bersama bendera merah putih yang berkibar dengan gagahnya. Tulisan “Puncak Arjuno 3339 mdpl”nya juga ilang ga tau kemana. Sialan tu yang ngambil…

Jam 14.00 kita harus udah meninggalkan puncak menuju ke basecamp biar ga kesorean. Soalnya peralatan yang kita bawa juga tipis. Alhamdulillah jam 5 kita udah nyampe di basecamp. Makanan sudah siap disantap nih. Thx ya mas pandu dkk yang udah masakin makanan. Hehe. Mataph dah… malemnya habis shalat maghrib-isya langsung tiduurr…

27 des 10
Pagi2,  makan, packing, saatnya untuk pulang.

Kita pulang jam 9 sampe pos jam 4. Lama juga yah? Ada kejadian asik nih. Asad numpahin air terakhir yang diambil dari kokopan. Mati kon sampe bawah ga onok banyu. Ya udah, apa boleh buat. Tahan dah tu haus. Tapi untungnya kita ketemu pendaki dari gresik juga, eh tau aja kalo kita keabisan air. Akhirnya kita dikasih air n ngisi air aqua 220 ml. lumayan cukup sampe petbocor. Sip lah. Oh ya tu perjalanan dari pet bocor ke pos perizinan curam bgt. Licin lagi. Sampe 2x jatuh ane. N Alhamdulillah sampe juga ke pos perizinan. n habis isya kita sampe rumah di Surabaya. Alhamdulillah…
Bonus: Foto Carrier Kita

3.    Bungurasih – terminal pandaan +- 8.000
4.    Elf terminal pandaan – pos perizinan +-5000

Pos Pendakian jalur tretes
1.  Pos perizinan >> izin, nyerahin KTP, bayar berapa tu tau. lupa. pokoknya <5000
2. Pos I Pet Bocor >> Ada air
3. Pos II Kokopan >> Ada Air, Ada Sinyal
4. Pos III Pondokan >> Ada Air, Pondokan = Tempat para penambang belerang istirahat. Jeep bisa naik sampe sini.
5. Lembah Kidang >> Ada air.